Manfaat Yoga untuk Diabetes

Manfaat Yoga untuk Diabetes


Diabetes dalam berbagai bentuk mempengaruhi hingga 5 persen populasi dunia dengan 12 juta penderita diabetes hanya di Eropa Barat. Dari cara-cara berbeda di mana diabetes muncul, diabetes mellitus noninsulin-dependent (NIDDM) mungkin merupakan penyakit genetik yang paling sering ditemui. NIDDM atau diabetes tipe II adalah multifaktorial, tergantung juga pada faktor lingkungan termasuk obesitas, gaya hidup menetap dan ketidakseimbangan nutrisi.


Yoga telah menunjukkan beberapa hasil yang bermanfaat dalam menyembuhkan diabetes. Latihan yoga yang diresepkan untuk menyembuhkan diabetes berbeda dengan latihan yoga hatha karena melibatkan posisi yang disesuaikan untuk menangani kondisi tertentu, serta latihan meditasi, relaksasi, dan peregangan.


Salah satu studi yang dilakukan untuk menyembuhkan diabetes adalah studi yang didirikan oleh Yoga Biomedical Trust, yang didirikan pada tahun 1982 oleh ahli biokimia Dr Robin Monro, dan sebuah yayasan penelitian yoga India yang menemukan bahwa berlatih yoga selama 30 menit sehari selama satu bulan membantu mengurangi darah. kadar glukosa pada beberapa penderita diabetes.


Para pasien yoga mengambil bagian dalam satu atau dua sesi 90 menit seminggu dan diminta untuk berlatih di rumah. Kelas-kelas tersebut mencakup latihan yoga khusus dari gerakan memutar tulang belakang, busur, dan pernapasan perut.


Pada akhir 12 minggu kadar gula darah turun secara signifikan pada semua pasien dalam kelompok dan sedikit meningkat pada kelompok kontrol yang tidak mengikuti sesi yoga. Tiga siswa yoga berhasil mengurangi pengobatan mereka, termasuk seorang pria yang tidak mengubah rezim obatnya selama 20 tahun.


Sudah lama diketahui bahwa olahraga bermanfaat bagi penderita diabetes. Terapi yoga dapat membantu mengurangi tingkat stres yang dapat berperan dalam kematangan diabetes. Tetapi satu kekurangannya adalah beberapa pasien akan kesulitan untuk mengikuti sesi reguler yang diperlukan untuk mempertahankan manfaatnya. Semua pasien mengatakan mereka ingin melihat kelas-kelas ini didirikan secara permanen tetapi kami tidak punya uang.


Komponen latihan dalam paket terapi yoga belum tentu merupakan yang paling penting, karena tidak ada latihan fisik yang cukup untuk menjelaskan perubahannya, tetapi pengurangan stres banyak berkaitan dengannya. Hormon stres meningkatkan kadar gula dalam darah. Orang-orang juga mendapat manfaat dari menstabilkan suasana hati mereka yang dibawa oleh yoga, meningkatkan perasaan sejahtera dan perasaan lebih terkendali, yang dapat membantu pengendalian diet mereka.